IAIN Padangsidimpuan Dapat Sumbangan Buku

IAIN Sidimpuan mendapat hibah buku.

Dr Hj Femina Sagita Borualogo (Harahap) menyumbangkan ribuan buku karya alm.ayahnyaBasyril Harahap seorang budayawan terkenal sekaligus penulis ke IAINPadangsidimpuan.

“Ada dua ton berat buku berbagai judul yang diangkut dari Jakarta untuk dibagikan diwilayah Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel),”katanya.

Judul buku tersebut antara lain “Willem Iskandar Si Bulus-Bulus Si Rumbuk-Rumbuk”, “Pemkot Padangsidimpuan mengahdapi tantangan zaman”, “Siala Sampagul, nilai-nilai luhur budaya masyarakat Kota Padangsidimpuan”, “Orientasi nilai-nilai budaya Batak suatu pendekatan terhadap perilaku Batak Toba dan Angkola Mandailing.”

Penyerahan buku itu sendiri dirangkaikan dengan seminar ilmiah pendidikan dan kearifan lokal bertemakan nilai nilai kearifan lokal dalam pemikiran Basyral Hamidi Harahap dalam konsep “Marsipature Hutanabe (Martabe)”, di aula biru IAIN, Padangsidimpuan, Jumat.

Sebagian dari ribuan eksemplar buku karya budayawan Basyral Hamidi itu juga disumbangkan sebagian ke Perpustakaan Lafaran Pane Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan, dan Perpustakaan yang ada di wilayah Tapanuli Bagian Selatan lainnya.

“Almarhum sangat cinta kampung halamannya (Tabagsel) dan sangat senang pula bila karyanya disumbangkan kelembaga – lembag di kampung halamannya,”ujar Femina juga Direktur Eksekutif Studi Kebijakan Publik Masyarakat Ilmuwan/Teknologi Indonesia (MITI).

“Basyril pengagum (karya) Willem Iskandar berharap seluruh karyanya dapat menambah  literasi yang dapat menjadi amal jariah kelak. Apalagi buku ini bisa bermanfaat dan menjadi refrensi dalam kehidupan bermasyarakat yang beradat serta berbudaya,”katanya.

Bahkan katanya, Basyral Hamidi jualah orang yang mencananangkan gerakan “Masipature hutanabe” atau “Martabe” sebuah konsep membangun Desa (daerah) dengan pendekatan kearifan lokal pada masa Gubernur Sumut (alm) Raja Inal Siregar.

Wakil Rektor satu  bidang akademik dan kelembagaan IAIN Dr Darwis Dasopang mengatakan berterimakasih atas bantuan diterima sehingga semakin menambah menambah literasi pada perpustakaan IAIN.

“Semoga dengan buku karya Basyral Hamidi ini dapat menambah khasanah keilmuan seluruh civitas akademika IAIN utamanya dalam kearifan lokal dalam konteks peningkatan sumber daya manusia yang beriman, beretika, beradat, berbudaya dalam rangka fastabiqul khairat,”katanya.

Sebagai peserta dalam seminar sehari itu diantaranya Dosen, Mahasiswa (IAIN, UMTS, STAITA, IPTS, STIKES Raohiyan), unsur Pemerintahan Tabagsel, Perbankan dan undangan lainnya. (*)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*