Ilyas Sitorus : Tugas Kepala Sekokah Menentukan Maju Mundurnya Sekolah.

Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Batubara, Ilyas Sitorus mengatakan, Kepala Sekolah memiliki peran strategis dan kompleks dalam upaya memajukan dunia pendidikan di tingkat sekolah. Kepala Sekolah berperan besar dalam maju dan mundurnya sekolah.

lyas Sitorus mengatakan hal tersebut, saat memberikan sambutan dalam pembukaan Diklat Penguatan Kepala Sekolah SD dan SMP se Kabupaten Batubara, di Griya Hotel Medan, Selasa (24/09).

Pemerintah Kabupaten Batu Bara di bawah Kepemimpinan Bupati Ir. H. Zahir M.AP dan Oky Iqbal Frima Wakil Bupati, lanjutnya, sangat mengapresiasi kegiatan ini. Melalui kegiatan ini, pengetahuan dan wawasan yang semakin luas bagi kepala sekolah, tentunya akan mempengaruhi mutu sekolah di Batubara.

“Diklat Penguatan Kepala Sekolah SD dan SMP ini juga bertujuan mengoptimalkan kompetensi kepala sekolah berdasarkan 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP).Diharapkan semua peserta akan mampu melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai Kepala Sekolah yang profesional”ujarnya.

Kepala P4TK Medan, Rosoki Lubis dalam kesempatan itu mengatakan, tugas kepala sekolah yang kompleks tersebut tidak dapat dirumuskan seluruhnya ke dalam suatu prosedur tugas kepala sekolah.

Sangat jelas tertuang dalam Permendiknas Nomor 13 Tahun 2007 tentang Kompetensi Kepala Sekolah antara lain Kompetensi Manajerial, Kompetensi Kewirausahaan dan Kompetensi Supervisi.

“P4TK dalam hal ini bertindak sebagai wali kegiatan sekaligus penanggung jawab kegiatan ini. Oleh karenanya harapan kita, Pak Bupati, Pak Kadisdik maupun saya melalui diklat, kompetensi ini akan tercapai,sehingga nanti berimbas pada kemajuan mutu pendidikan khususnya di wilayah Kabupaten Batubara, ujarnya.

Pembantu Rektor 1 Universitas Muhammadyah Sumatera Utara, Dr. H. Muhammad Arifin Gultom, SH.MH dalam sambutannya mengatakan, kegiatanpun dirancang untuk memberikan pengalaman belajar yang terpadu antara aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap dan pengalaman empirik sesuai dengan karakteristik peserta diklat.

“Pada akhir kegiatan, peserta diklat penyusunan rencana pengembangan sekolah berdasarkan hasil analisis capaian 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP) yang dapat diimplementasikan di sekolah”, ujarnya.

Selain ilyas Sitorus, Rosoki Lubis, dan M. Arifin Gultom, hadir dalam kegiatan itu, narasumber dan Kabid GTK Disdik Batubara, Hermansyah serta unsur Dinas Pendidikan Kabupaten Batubara.

Diklat ini dilaksanakan dari tanggal 24 September 2019 hingga 1 Oktober 2019,di Griya Hotel Medan.(***)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*