Cambridge Hotel Medan Pertahankan Rating Hotel Bintang 5

Penyerahan sertifikat Bintang 5 untuk Cambridge Hotel Medan di Ruangan Opal Cambridge Hotel Medan Jalan S. Parman No 217, Medan, pada Selasa (25/2/2020). [Foto: ist]

MEDAN | Cambridge Hotel Medan (CHM) baru saja disertifikasi ulang sebagai hotel bintang 5 (lima) oleh Sucofindo–Sertifikasi dan Eco Framework. CHM berhasil meraih nilai yang jauh lebih tinggi dari sebelumnya dan memenuhi standar hotel bintang 5. Penyerahan Sertifikat Usaha Hotel ini digelar di Ruangan Opal Cambridge Hotel Medan Jalan S. Parman No 217 Medan, pada Selasa (25/2/2020).

Penyerahan ini dihadiri Kepala Dinas Pariwisata Kota Medan, Drs Agus Suriyono; Kepala Cabang PT Sucofindo Limlim Abdul Halim, Board of Director CHM, Ir Charles Sutantio dan Marno Susanto; General Manager CHM, Rizal, dan segenap manajemen CHM.

Sebelumnya, penilaian dan survey lapangan oleh PT Sucofindo dilakukan pada tanggal 20 dan 21 Januari 2020 di Cambridge Hotel Medan. Sejumlah fasilitas hotel ditinjau secara langsung oleh tim survey dan penilai PT Sucofindo. “Hampir seluruh sudut hotel di cek kembali seperti toilet, kamar, function room, dapur, lobi, daerah sekitar hotel hingga jalan menuju gudang penyimpanan barang juga turut di nilai,” ujar Rizal, GM CHM.

Rizal mengatakan, CHM sudah memahami standar hotel bintang lima sehingga tidak terlalu banyak hal yang harus dipersiapkan sebelum penilaian. “Nah karena kita sudah bintang lima, jadi kita seperti disertifikasi ulang atas nama Cambridge Hotel Medan. Semua fasilitas hotel memang sudah standar hotel bintang lima. Namun demikian memang harus ada penilaian ulang karena tidak menutup kemungkinan untuk turun bintang. Tapi, saya sangat bersyukur, kita tetap dinilai sebagai hotel bintang 5,” tambah Rizal.

Dengan pencapaian luar biasa ini, tentunya CHM harus tetap berusaha untuk mempertahankannya di tengah persaingan ketat bisnis perhotelan di Medan. “Kita akan terus mempertahankan eksistensi Cambridge Hotel Medan sebagai hotel bintang lima. Apalagi ini menjadi tantangan besar di mana kita sudah beralih dari sebelumnya chain brand hotel yaitu Grand SwissBel Hotel Medan, kini sudah beralih menjadi manajemen yang independen yaitu Cambridge Hotel Medan,” sambung Rizal.



Fasilitas Baru
Sementara itu, Tinera Siburian, PR Executive Cambridge Hotel Medan, menambahkan, perkembangan bisnis perhotelan dalam industri hospitality semakin meningkat di era milenial saat ini. Pembangunan hotel-hotel baru tetap mengalami kenaikan setiap tahunnya. Hal ini dilakukan guna memenuhi kepentingan konsumen akan kebutuhan hunian mereka selama perjalanan dinas dari luar kota maupun dalam kota. Selain itu, dengan adanya pembangunan hotel di Medan juga akan mempengaruhi laju pertumbuhan ekonomi daerah karena banyak bisnis yang semakin berkembang.

Menurut Tinera, saat ini, fungsi hotel tidak hanya sebagai tempat menginap saja. Banyak fasilitas baru yang dirancang untuk menaikkan pendapatan hotel dan meningkatkan jumlah tamu yang datang. Fasilitas Function Room, Massage & Spa, Kids Zone, dan lain-lain menjadi fasilitas tambahan di hotel untuk menarik tamu baik yang menginap maupun tamu walk-in. Hotel-hotel di Medan telah menjadi sasaran untuk membuat rangkaian acara seperti meeting, pesta ulang tahun, pesta pernikahan, arisan serta acara-acara khusus di momen puasa, Natal, Lebaran, Imlek, dan Tahun Baru.

“Ya Alhamdulillah sekali, berdasarkan penilaian yang transparan oleh PT Sucofindo, Cambridge Hotel Medan masih eksis menjadi hotel bintang lima”, ujar Tinera Siburian.

Cambridge Hotel Medan adalah salah satu hotel bintang 5 (lima) yang berada di Jalan S. Parman No 217 Medan. Hotel ini terletak di pusat kota Medan dengan total 242 kamar, 6 function room, 5 F&B outlet, layanan spa, massage, dan kolam renang dengan desain kaca pertama di Medan. Cambridge Hotel Medan merupakan hotel bergaya modern yang menyatu dengan Cambridge City Square sehingga hotel ini banyak menjadi pilihan para tamu yang berkunjung ke Medan.

Menurut Tinera, Cambridge Hotel Medan berkomitmen untuk terus meningkatkan quality of product & service dan tetap menjadi hotel terbaik di Medan khususnya Sumatera Utara. (*)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*