Maksimalkan PAD, LIRA Harap Gubsu Terbitkan Aturan Kendaraan Plat Non-Sumut

Lembaga Swadaya Masyarakat Lumbung Informasi Rakyat (LSM LIRA) berharap Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi mengeluarkan kebijakan terkait keberadaan kendaraan bermotor, yang bukan berplat provinsi ini guna memaksimalkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Saat ini, jumlah kendaraan bermotor yang bukan berplat bukan Sumut dan beroperasi di provinsi ini terus bertambah. Keberadaan kendaraan tersebut, tentunya tidak menguntungkan dari sisi PAD berupa Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) maupun Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB) ke dua”,ujar Walikota LIRA Medan, Drs Sam’an Lubis, Senin (23/12/2019).

LSM LIRA, lanjut Sam’an, memperkirakan jumlah kendaraan bermotor yang bukan plat Sumut namun beroperasi di provinsi ini, mencapai puluhan ribu. Kendaraan tersebut milik warga Sumut, tetapi pembeliannya dari provinsi lain.Sisi lain, PKB dan BBNKB nya masuk ke provinsi lain.

“Selain itu, ada juga perusahaan BUMN maupun perusahaan berskala nasional di Sumut yang menggunakan kendaraan bermotor di luar plat Sumut melalui sewa kontrak tahunan. Hal itu juga mempengaruhi optimalisasi PAD Pemprovsu”, ujarnya.

Sudah sewajarnya, tambah Sam’an, masyarakat Sumatera Utara beroleh manfaat terkait beroperasinya kendaraan plat non-Sumut tersebut.

“Masyarakat Sumut wajar memperoleh ‘kompensasi’ terhadap polusi yang ditimbulkan dan pemanfaatan jalan, melalui PKB dan BBN-KB”, ujarnya.

“PKB dan BBNKB juga merupakan hak seluruh Kabupaten/Kota yang bertujuan untuk melaksanakan program-program pembangunan di masyarakat. Ketika pemilik kendaraan tersebut menggunakan fasilitas yang berasal dari uang rakyat, maka mereka juga wajib memberikan kompensasi kepada rakyat melalui pemerintah”, ujarnya.

LSM LIRA yang merupakan mitra kritis pemerintah, lanjut Sam’an, berharap Gubernur Sumut mengkaji usulan tersebut. “Apabila aturan tersebut sudah dibuat, LIRA berharap Pemprovsu melibatkan peran pihak Kepolisian untuk pelaksanaan di lapangan. Harapan ke depan, PAD bisa lebih optimal dalam upaya membangun Sumut Bermartabat”, ujarnya.(***)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*