Berikan Beras ke Warga, LIRA Apresiasi Pemko Medan

Lembaga Swadaya Masyarakat Lumbung Informasi Rakyat (LSM LIRA) memberikan apresiasi kepada Pemko Medan, yang akan membagi-bagikan beras kepada warga dalam menghadapi dampak tersebarnya wabah Cofid19.

“Bantuan beras sebanyak 5 kg warga kurang mampu tersebut, setidaknya dapat meringankan beban ekonomi masyarakat”,ujar Walikota LSM LIRA Mesldan, Drs Sam’an Lubis, Minggu (05/04/2020).

Meskipun demikian, lanjut Sam’an, selain beras LSM LIRA berharap Pemko Medan dapat membagikan setidaknya satu item kebutuhan pokok masyarakat lainnya. Misalnya gula, yang saat ini sulit didapatkan dan harganya terus melonjak.

“Kalaupun tidak berupa sembako lainnya, setidaknya Pemko Medan dapat memberikan tablet berupa Vitamin C dan Vitamin E kepada warga, guna memperkuat antibodi”, ujarnya.

Terkait pembagian beras kepada warga, LSM LIRA meminta kepada Pemko Medan benar-benar melakukan pendataan dan pengawasan, agar penyalurannya tepat sasaran.

“Berdasarkan laporan yang kami terima dari masyarakat, masih ada warga yang layak untuk menerima bantuan, tapi tidak tidak masuk dalam daftar usulan calon penerima”,ujar Sam’an.

Kondisi sebaliknya, menurut Sam’an, juga terjadi. Ada warga yang tak patut memperoleh bantuan karena berkemampuan, justru diusulkan sebagai warga penerima bantuan beras Pemko. Hal ini tentunya menjadi masukan kepada pihak Dinas Sosial Kota Medan, selaku Pengguna Anggaran.

“Ini merupakan tindakan aparatur Pemko Medan yang di bawah, khususnya pihak yang melakukan pendataan ke warga”,paparnya.

Berkaitan dengan adanya laporan dari warga kepada pihaknya, Sam’an Lubis mengaku telah memberikan instruksi kepada seluruh kader LIRA hingga di tingkat kelurahan, untuk melakukan penelusuran.

“Hasil penelusuran tersebut akan kita sampaikan kepada Walikota Medan dan juga aparat penegak hukum, agar mendapat sanksi tegas. Tentunya LSM LIRA tidak akan berkompromi terhadap tindakan penyalahgunaan wewenang di tengah keprihatinan ini”,ujarnya.

Berkaitan dengan kelangkaan gula dan sejumlah produk lainnya di pasaran, LSM LIRA meminta Dinas Perdagangan Pemko Medan melakukan kunjungan ke pasar dan pusat perbelanjaan, termasuk juga swalayan-swalayan.

“Pak Damikrot selaku Kadis Perdagangan, harus menggandeng pihak Kepolisian dan Militer untuk melakukan kunjungan ke tempat-tempat tersebut. Jangan sampai ada spekulan, yang melakukan penimbunan barang guna meraup keuntungan tak wajar di tengah keprihatinan”, ujarnya.(***)

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*