LIRA Minta Lembaga Penyidik Usut Dugaan Permainan di PTPN3

Dewan Pimpinan Pusat Lembaga Swadaya Masyarakat Lumbung Informasi Rakyat (DPP LSM LIRA) meminta institusi penyidik di Sumatera Utara, melakukan penyelidikan dugaan permainan proyek, di lingkungan PT Perkebunan Nusantara (PTPN) III.

“Dugaan adanya praktik kongkalikong, dalam pelaksanaan sejumlah kegiatan proyek di PTPN3 sudah berlangsung lama. Bahkan, diduga yang melaksanakan sejumlah pekerjaan tersebut terpusat hanya pada satu orang saja”,ujar Presiden LSM LIRA, Drs.H. Jusuf Rizal, SE.MSi, Selasa (07/07/2020).

Bahkan, lanjut Jusuf Rizal, saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi VI DPR-RI dengan para Dirut BUMN penerima PMN (Penyertaan Modal Negara) pada Juni lalu, dugaan kongkalikong di PTPN3 tersebut sempat sorotan. “Saat itu, Andre Rosiade dari Partai Gerindra, yang sempat menyoroti hal tersebut”, ujarnya.

“Andre Rosiade berbicara di forum yang resmi dimana secara kelembagaan DPR melaksanakan fungsi pengawasannya. Hal ini tentunya dapat menjadi pintu masuk lembaga penyidik untuk memulai penyelidikan”,ujar Jusuf Rizal.

Jusuf Rizal mengakui sudah menginstruksikan DPD LSM LIRA Kota Medan untuk melaporkan dugaan “permainan proyek” di lingkungan PTPN3 ke lembaga penyidik, berbekal data-data awal yang dimiliki.

Terpisah, Walikota LSM LIRA Kota Medan, Drs. Sam’an Lubis mengaku mendapat instruksi dari LIRA Pusat untuk melaporkan dugaan persekongkolan tersebut. “Saat ini, kita tengah memvalidasi data yang dikirim LIRA Pusat dan data yang dimiliki LIRA Kota Medan. Berdasarkan kajian awal, memang diduga mengarah kepada rekanan tertentu saja”, ujar Sam’an.

Sam’an mengakui, saat ini pihaknya juga sedang menunggu data pendukung dari Biro Investigasi dan Intilijen LIRA (BIIL). “Mudah-mudahan, dalam waktu dekat data sudah terkumpul dan segera kita menyampaikan laporan”, ujarnya.(***)

https://youtu.be/QRHGxfGgrfI

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*