LIRA: Saatnya Pemko Medan Miliki Armada Broton Skylift

Lembaga Swadaya Masyarakat Lumbung Informasi Rakyat (LSM LIRA) menilai, sudah saatnya Dinas Pencegah dan Pemadam Kebakaran Kota Medan memiliki, Pencegah Pemadam Kebakaran jenis armada Broton Skylift.

“Armada Briton Skylift sudah menjadi kebutuhan, mengingat banyaknya gedung bertingkat dengan jumlah lantai lima ke atas”,ujar Walikota LSM LIRA Medan, Drs Sam’an Lubis setelah melihat semakin banyaknya gedung-gedung yang menjulang tinggi, di Kota Medan, Selasa (17/12/2019).

Memang, lanjut Sam’an, setiap gedung-gedung tinggi seperti hotel, mall dan sebagainya wajib melengkapi sarana pencegah kebakaran, maupun jalur evakuasi. Namun sarana tersebut tidak menjamin meluasnya kobaran api.”Ketika kobaran api membesar, kemungkinan akan menimbulkan korban jiwa”, ujarnya.

“Meminimalisir terjadinya korban jiwa akibat kebakaran besar di gedung-gedung tinggi, tentunya membutuhkan sarana evakuasi tambahan, sekaligus sarana upaya penyelamatan. Sarana yang paling ideal adalah armada Broton Skylift”, ujarnya.

JW Marriott Hotel dan Cambridge Tower itu, lanjut Sam’an, memiliki ketinggian di atas 100 meter. “Sulit membayangkannya evakuasi tamu dan pengunjung di tempat tersebut, jika kelak terjadi kebakaran besar”, ujarnya.

Sam’an menambahkan, seharusnya keberadaan gedung-gedung tinggi di Kota Medan, berbanding lurus dengan hadirnya prasarana yang bermanfaat untuk mengantisipasi keadaan-keadaan yang tidak diinginkan.

“Buat apa Pemko Medan memberikan izin pembangunan gedung-gedung tinggi, jika hanya semata-mata memikirkan pendapatan saja. Selain itu, Medan merupakan Kota Jasa, dimana para pelaku usaha kerap melakukan pendekatan korporasi di gedung-gedung tinggi”, ujarnya.

Perbincangan-perbincangan korporasi, lanjut Sam’an, tentunya.memberikan dampak positif terhadap iklim usaha di Kota Medan. Tentunya, pembicaraan ini, dapat menulis rasa was-was pelaku usaha terhadap efek kebakaran gedung.

Berkaitan dengan hal tersebut, Sam’an Lubis berkeyakinan Plt Walikota Medan Akhyar Nasution akan memikirkan kondisi ini. “LSM LIRA juga meyakini, Pak Akhyar akan memikirkan masalah ini, dan mencari tahu cara penganggarannya di dalam APBD Kota Medan.(***)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*