Listrik di Sumut kembali Pulih

Gangguan pemadaman listrik, di beberapa wilayah di Sumatera Utara, sudah teratasi, setelah tekanan suplay gas normal kembali.

Sebelumnya, beberapa masalah pada pembangkit mengakibatkan suplay listrik di sistem kelistrikan Sumatera Bagian Utara terganggu. PLN bergegas percepat pemulihan gangguan yang menyebabkan terganggunya sistem kelistrikan Sumbagut.

Kamis (9/5) dini hari pukul 02.45 WIB terjadi kerusakan terjadi pada Current Transformer (CT), peralatan yang mengubah besaran arus dari besar ke kecil ataupun sebaliknya sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan, dengan arus 150kV.

Gangguan kembali terjadi pada pukul 20.44 WIB diakibatkan oleh penurunan tekanan suplay bahan bakar gas untuk MVPP di Belawan dan Arun. Hal ini menyebabkan tidak terpenuhi nya kebutuhan pembangkit sehingga berpengaruh pada pelayanan penyaluran tenaga listrik. Akhirnya, pada pukul 00.54 suplay tekanan gas normal kembali dan sistem kelistrikan di Sumatera Bagian Utara pulih.

Manager Komunikasi PLN Unit Induk Wilayah Sumatera Utara Rudi Artono, menyampaikan pasokan listrik dari Hulu (pembangkitan), terganggu karena pasokan gas untuk Pembangkit Listrik Belawan tekanannya drop, sehingga produksi listrik dari Belawan berkurang sebesar 11% dari Beban Puncak yang mencapai 2.200 MW.

“Sistem kelistrikan pulih pada pukul 00.54 WIB (10/5).Alhamdulillah tidak ada gangguan di Infrastruktur distribusi yg dikelola PLN Sumut,” terangnya, Jumat (10/05/2019).

Rudi juga menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat Sumatera Utara atas ketidaknyamanannya. “PLN akan terus berupaya dan percepat recovery kondisi kelistrikan untuk kenyamanan pelanggan, terutama Umat Muslim yang sedang menjalankan ibadah di bulan Ramadhan”, ujarnya.

Rudi menambahkan, pelanggan dapat mengakses komunikasi PLN melalui Contact Center PLN 123 menjadi garda depan bagi PLN untuk berkomunikasi dengan pelanggan secara langsung melalui sistem online selama 7×24 jam, yang dapat diakses melalui Telepon: 123, HP: (kode area) 123, E-mail: pln123@pln.co.id, Facebook: PLN 123, Twitter: @PLN_123, dan Website: www.pln.co.id. Atau bagi pengguna smartphone, dapat juga mengunduh aplikasi PLN Mobile di Play Store maupun App Store untuk Layanan Informasi, Tagihan Listrik, Pengaduan Gangguan, Pemasangan Baru, Perubahan Daya dan sebagainya.(***)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*