Pelantikan Dewas PDAM, Muchrid Nasution Apresiasi Gubsu

Wakil Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Sumut, H.Muchrid Nasution, SE memberikan apresiasi yang tinggi kepada Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi, sehubungan pelantikan Dewan Pengawas (Dewas) PDAM Tirtanadi, yang baru.

“Gubsu telah menunjukkan konsistensinya untuk membawa Sumut yang Bermartabat, dengan cara tunduk dan taat kepada aturan serta perundang-undangan yang berlaku, di negara ini”,ujar Muchrid Nasution, Senin (18/02/2019)

Dewas yang lama, sambung Muchrid, bukannya tidak memiliki kemampuan dan integritas untuk berada di kursi Dewan Pengawas PDAM Tirtanadi. Tetapi, Peraturan Pemerintah No 54 Tahun 2017 tentang BUMD, mengharuskan mereka ‘terdepak’.

“Dalam PP 54/2017, jelas disebutkan jumlah Dewan Pengawas atau Komisaris BUMD, maksimal sejumlah Anggota Direksi. Sedangkan, jumlah Dewas yang lama berjumlah lima orang, atau lebih banyak dari jumlah Direksi PDAM Tirtanadi, yang hanya berjumlah empat orang”, ujarnya.

Tentu saja, lanjut Muchrid, hal ini tidak bisa dibenarkan. Seharusnya, pelantikan Dewas yang mengacu PP 54/2017. Alasannya, surat pengangkatan Dewas yang lama, setelah PP tersebut lahir. PP 54/2017 lahir 27 Desember 2017, sedangkan pengangkatan Dewas pada 29 Januari 2018.

“Kelebihan jumlah Dewas yang lama, tentunya menyebabkan bertambahnya beban PDAM Tirtanadi, yang tidak sesuai asas legalitas. Hal ini tentu saja, menyebabkan kerugian terhadap PDAM Tirtanadi”, paparnya.

Gubsu yang mendapat amanah dari Pemerintah Provinsi Sumut sebagai Pemegang Kekuasaan Tertinggi di PDAM Tirtanadi, tentunya wajib memperhatikan persoalan ini. “Jadi, kalau ada yang tidak sependapat, mungkin karena kurang paham saja”, ujarnya.

Sebelumnya, Gubernur Sumut (Sumatera Utara), Edy Rahmayadi melantik tiga Dewan Pngawas (Dewas) PDAM Tirtanadi Medan di Gedung Lama Kantor Gubsu, Senin ,(18/2/2019).

Adapun ketiga Dewan Pengawas PDAM Tirtanadi Medan yang dilantik melalui seleksi cukup ketat dari 26 dan akhirnya terpilih sebanyak tiga orang itu diantaranya Ir. Silmi, MT , Ikbal Hanafi Hasibuan (Akademisi), dan Sekdaprovsu Hj Sabrina.

Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi dalam sambutannya menegakan kalau ketiga Dewan Pengawas PDAM Tirtanadi Medan ini merupakan hasil seleksi yang terbaik dari baik berdasarkan rangking 1 dan rangking 2. Hal ini merupakan keinginan dirinya dan seluruh masyarakat Sumatera Utara.(***)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*