Rahmat Rayyan Nasution Dorong Pemprovsu Bangun Kawasan Peternakan Terpadu

Anggota Komisi B DPRD Sumut, Rahmat Rayyan Nasution berharap Pemerintah Provinsi Sumatera Utara membangun kawasan terpadu untuk mengatasi permasalahan pembangunan ketahanan pangan dan peternakan, di daerah ini.

“Ada beberapa hal yang menjadi persoalan penting, terkait ketahanan pangan khususnya di bidang peternakan, yang hingga saat ini belum teratasi secara maksimal. Diantaranya, belum tersedianya bibit ruminansia unggul, pakan ternak yang berkualitas dengan harga terjangkau dan kualitas SDM”, ujarnya, Rabu (13/11/2019).

Pemprovsu, lanjutnya, tentunya memiliki SDM yang mampu mengelola kawasan terpadu ini, untuk dapat menghasilkan bibit unggul ruminansia dan pakan ternak yang berkualitas. Hasil dari kawasan terpadu ini, dapat disalurkan kepada kelompok-kelompok ternak yang ada di Sumatera Utara.

Memang, tambahya, hasilnya terlihat tidak dalam waktu dekat. Butuh proses, tetapi dalam waktu ke depan, Pemprovsu tidak perlu lagi mengorek APBD untuk pengadaan bibit unggul ruminansia.

“Selain itu, kawasan terpadu ini juga menjadi sarana para peternak untuk memperoleh ilmu, bagaimana cara beternak yang baik”,ujar politisi Gerindra ini.

Lagi pula, tambahnya, kawasan ini kelak dapat menghasilkan kompos, yang bisa dimanfaatkan oleh para kelompok tani. “Bahkan, bukan tidak mungkin kotoran ternak dapat dikelola menjadi sumber energi”,paparnya.

Rayyan mengakui, lahan untuk kawasan terpadu tersebut tentunya harus memiliki luasan yang cukup. Namun, dia optimistis Gubsu Edy Rahmayadi mampu berkoordinasi dengan para Kepala Daerah di kabupaten/kota untuk mengatasinya.

“Kita tahu Gubsu Edy Rahmayadi dan Wagubsu Musa Rajekshah, memiliki keinginan kuat membangun ketahanan pangan di daerah ini. Hal tersebut tergambar melalui visi dan misi beliau”, ujarnya.(***)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*