Soal Aksi GMKI, Ini Kata Ketua Komisi A DPRD Sumut

Ketua Komisi A DPRD Sumut, Muhri Fauzi Hafiz angkat bicara terkait pengaduan Pemerintah Provinsi Sumut terhadap massa GMKI, yang melakukan pengrusakan terhadap gerbang kantor Gubsu, ke Kepolisian.

“Saya berharap kedua belah pihak dapat menahan diri, karena segala persoalan dapat diselesaikan melalui langkah-langkah yang lebih arif dan bijaksana”,ujar Muhri Fauzi Hafiz, Minggu (03/08/2019).

Gubsu dan Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI), ibarat Ayah dengan Anaknya. Heran saja, jika ayah dan anaknya berseteru, hanya sebuah kepentingan yang sama.

“Gubsu juga menginginkan Danau Toba bersih dari pencemaran. Demikian juga adik-adik GMKI juga menginginkan hal yang sama. Hanya saja, masing-masing menempuh jalan yang berbeda”, ujarnya.

Gubsu, lanjutnya, sudah melaporkan langsung persoalan Danau Toba ke Presiden RI. Hanya saja upaya Gubsu tidak tersosialisasi dengan baik kepada masyarakat. “Namanya juga anak muda, biasalah selalu bereaksi dengan caranya, sehingga terkadang memunculkan kesan negatif”, ujarnya.

Muhri Fauzi justru menyesalkan kemampuan Satpol PP di bawah kepemimpinan Suriadi Bahar, yang terkesan tidak mampu berbuat banyak dalam mengantisipasi keadaan.

“Massa GMKI saat aksi hanya sekira dua puluh orang. Jumlah ini jauh lebih sedikit dari personal Satpol-PP di lingkungan Kantor Gubsu. Belum lagi ditambah jumlah tenaga jasa keamanan di lingkungan Kantor Gubernur. Pertanyaannya, apa saja kerja mereka?”,ujar Muhri Fauzi.

“Memang saat massa GMKI beraksi, Gubsu Edy Rahmayadi sedang berada di luar kota. Tetapi, seharusnya birokrat di lingkungan Kantor Gubsu cepat bersikap, jangan membiarkan massa berlama-lama menunggu jawaban terhadap aspirasi yang mereka sampaikan”,paparnya.

Ke depan, saran Muhri Fauzi, Gubsu Edy Rahmayadi tidak terlalu sering membawa banyak Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dalam setiap kunjungannya ke berbagai tempat.

“Pertama, membuat pengeluaran perjalan dinas kian membengkak. Kedua, ada hal-hal lain, yang dilakukan Kepala OPD dalam membantu kerja Gubsu”, ujarnya.(***)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*