Trisno Sumantri: Persoalan MoU Tirtanadi dengan PT TLM Sedang Proses di Polda

Direktur Utama (Dirut) PDAM Tirtanadi, Trisno Sumantri mengakui temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terkait perjanjian kerjasama dengan PT.Tirta Lyonnaise Medan (TLM), sedang dalam proses di Polda Sumut.

Trisno Sumantri menyampaikan hal tersebut, saat dikonfirmasi terkait perjanjian kerjasama dengan PT TLM, yang menurut BPK menyebabkan kerugian berupa tertundanya kepemilikan asset tetap, berupa Instalasi Pengelohan Air minum (IPA) berkapasitas 500 liter/detik.

Trisno Sumantri menyebutkan, temuan BPK tersebut merupakan pemeriksaan nterhadap Pemprov Sumut, dengan salah satu sampel adalah PDAM Tirtanadi.”Untuk itu setiap respon yang diberikan oleh PDAM Tirtanadi selalu berkordinasi dengan Pemprovsu melalui Inspektorat”, ujarnya.

Dia menambahkan, karena hal ini sudah berkaitan dengan ranah hukum, maka dalam hal ini Biro Hukum ikut dalam melakukan kajian legalnya, sebab merupakan bagian Pemprovsu.
Ketika diminta menjelaskan secara spesifik, maksud bagian dari ranah hukum tersebut, Trisno mengatakan, sedang dalam proses Polda. “Yang dimaksud dengan ranah hukum dalam hal ini adalah, saat ini hal tersebut sedang dalam proses di Polda”,ujar Trisno melalui pesan WhatsApp, Rabu (27/11/2019).

Ketika ditanya, apakah persoalan itu masuk ranah pidana, Trisno meminta mempertanyakan hal tersebut kepada pihak terkait.

Berkaitan dengan pernyataan Trisno Sumantri tersebut, Lembaga Swadaya Masyarakat Lumbung Informasi Rakyat (LSM LIRA) akan mempertanyakan persoalan ini kepada Gubsu Edy Rahmayadi maupun ke Polda Sumut.

“Kita akan mempertanyakan masalah ini. Kalau memang benar demikian, tentunya ini merupakan langkah maju. Namun, jika informasi yang disampaikan Trisno Sumantri hanya sekedar lipservice saja, maka kita desak Gubsu untuk mengevaluasinya”,ujar Koordinator Wilayah Sumut-Aceh LSM LIRA, Syahrul Siregar, SH.(***)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*