KNPI Sumut Gelar Operasi Bibir Sumbing

Sebanyak 39 pasien menjalani operasi bibir sumbing gratis dalam kegiatan Bakti Sosial DPD KNPI Sumut bekerjasama dengan Polda Sumut dan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan, di RSUD Sipirok, Senin (04/11/2019).

Kapolda Sumatera Utara, Irjen Agus Andrianto melaluli Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Tatan Dirsan Atmaja pada kesempatan itu, mengapresiasi kegiatan tersebut. Polda Sumut berharap KNPI menggelar kegiatan yang sama di daerah lain.

“Poldasu hingga saat ini telah melakukan pengobatan gratis terhadap sekitar 8000 pasien di Sumatera Utara. Kegiatan ini juga merupakan kepedulian Poldasu terhadap masyarakat, demi mewujudkan Generasi Unggul Generasi sehat”, ucap Kombes Pol Tatan Dirsan Atmaja.

Tatan mengatakan Polda Sumut sebelumnya telah berbagai kegiatan bakti sosial dan pengobatan gratis kepada penderita beragam penyakit. Poldasu sangat mendukung setiap kegiatan sosial yang diselenggarakan oleh elemen masyarakat khususnya kepemudaan”, ujarnya.

“Polda Sumut mengapresiasi kepedulian KNPI Sumut dalam mendukung kegiatan ini. Ke depan Polda Sumut siap ikut menjadi fasilitator dalam menggelar kegiatan bakti sosial dan pemgabdian masyarakat”, tegasnya.

Ketua KNPI Sumut, Samsir Pohan menyampaikan, kegiatan tersebut adalah bukti kepedulian pemuda khususnya KNPI Sumut terhadap beban dan kondisi masyarakat yang saat ini sangat membutuhkan kepedulian dari berbagai kelompok masyarakat.

“KNPI akan terus bersinergi dengan berbagai pihak untuk membantu penderitaan yag dirasakan oleh saudar-saudara kita di Sumatera Utara. Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah turut menyukseskan kegiatan ini”, ucapnya.

Samsir menuturkan, kegiatan bakti sosial dan pengobatan gratis akan menjadi agenda bulanan KNPI Sumut Sumut, khususnya dalam menyuskseskan program pemerintah dalam mewujudkan generasi Sehat dan Generasi Unggul.

“KNPI Sumut berkomitmen bersinergi dengan pemerintah sehingga kedepan pemuda harus berperan aktif dalam kegiatan positif seperti ini, sehingga program pemerintah dalam mewujudkan generasi sehat dan generasi unggul dapat diwujudkan”, pungkasnya.

Bupati Tapanuli Selatan yang diwakilki oleh Sekretaris Daerah Parulian Nasution mengingatkan kepada masyarakat bahwa derajat kesehatan setinggi tingginya akan terwujud apabila seluruh komponen bangsa, masyarakat, Polri, LSM, Organisasi, Swasta dan lainnya berperan dalam upaya kesehatan, dengan lebih memperiotaskan langkah langkah preentif dalam menjaga kesehatan.

Parulian juga menyampaikan, kegiatan yang berthemakan “Pancarkan Senyum Anak Tapanuli Selatan Generasi Sehat Dan Mewujudkan Kepedulian Kita Terhadap Penderita Bibir Sumbing Dan Langit Langit” tersebut dilaksanakan dalam rangka memperingati Ulang Tahun Kabupaten Tapanuli Selatan yang ke 69, dan Hari Kesehatan Nasional Yang Ke 55 tahun 2019.

“Kami berharap KNPI di bawah pimpinan Samsir Pohan ke depan akan terus bersinergi dengan Pemkab Tapsel dan KNPI Sumut akan turut berperan aktif dalam mewujudkan Tapsel Sehat Cerdas dan Bermartabat,” ujarnya.

Bibir sumbing, lanjutnya, merupakan cacat bawaan lahir. Jika merujuk pada data terkahir 1 penderita untuk 10.000 kelahiran di indonesia. “Biasanya ini terjadi pada saudara kita yang kurang mampu. Sehingga langkah yang sekarang diambil merupakan sebuah langkah maju dalam dunia kesehatan dan sebagai wujud pengabdian terhadap masyarakat”, ujarnya.

Pemberian santunan kepada Anak Yatim Piatu dan Kaum Duafa oleh Ketua KNPI Sumut, Kabid Humas Poldasu Kombes Pol Tatan Dirsan Adtmaja, S.ik didampingi Kapolres Tapsel AKBP Irwa Zaini Adib,SIK.MH dan Muspida KabupatenTapanuli Selatan, juga mewarnai kegiatan tersebut.(***)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*