Air Terjun Sipiso-piso, Objek Wisata yang kian Mempesona

Sipiso-piso

Berkunjung ke Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara, tentunya tidak terasa lengkap tanpa menikmati objek wisata yang sudah melegenda, air terjun Sipiso-piso.

Air Terjun Sipiso-piso adalah sebuah air terjun yang berada di Dusun Hutabaringin, Desa Tongging, Kecamatan Merek.

Air Terjun Sipisopiso memiliki ketinggian hingga 120 meter] dan mengucur deras membentuk garis vertikal sempurna. Fenomena itu menjadikan Air Terjun Sipisopiso masuk dalam air terjun tipe Plunge.

Objek wisata yang berada di bibir kaldera raksasa Danau Toba ini berada pada aliran Sungai Pajanabolon, yang merupakan salah satu sungai menyuplai air ke Danau Toba.  Terbentuknya air terjun ini, akibat reruntuhan dinding kaldera hasil tiga periode letusan gunung api.

Air Terjun Sipisopiso berada di ketinggian sekitar 1.300 meter di atas permukaan air laut. Nama Sipisopiso diambil dari nama sebuah Gunung yang berada tepat di timur laut Air Terjun Sipisopiso. Gunung yang juga disebut Dolok Sipisopiso ini memiliki ketinggian sekitar 1.860 meter di atas permukaan air laut.

Merasakan langsung cipratan air terjun ini, pelancong bisa menuruni ratusan anak tangga hingga mencapai sungai yang menampung air, sebelum diteruskan ke Danau Toba.

Sepanjang perjalanan menuju ke dasar air terjun, pengunjung disajikan pemandangan deretan pinus yang berjajar rapi. Suara gemuruh air terjun yang semakin lama semakin jelas terdengar, seakan suara yang terus memanggil untuk mempercepat langkah.

Lumut-lumut yang menempel di dinding tebing semakin mempercantik air terjun Sipiso-piso ini. Bahkan jika beruntung seringkali terlihat pelangi di lokasi ini.
Pohon-pohon pinus yang ada di sekitar air terjun juga seolah membuat suasana di sini makin nyaman untuk melepas penat setelah berpeluh keringat menuruni anak tangga.

Menyadari tingginya angka kunjungan wisata ke lokasi ini, Pemerintah Kabupaten Karo, melengkapinya dengan berbagai fasilitas, termasuk lokasi-lokasi spot, sehingga menambah pesona.

Selain itu, Pemkab Karo juga melengkapinya dengan pusat souvernir, dalam upaya menggerakkan roda ekonomi masyarakat setempat.

Tak jauh dari Air Terjun Sipisopiso-piso, pengunjung dapat menikmati objek wisata lain, seperti Bukit Gundul, Taman Simalem Resort, Sapo Juma dan Juma Ertuah. Dua objek wisata terakhir lokasinya hanya 15 menit perjalanan dari Air Terjun Sipiso-piso.

Menikmati panorama alam di lokasi tersebut dapat menggunakan transportasi jurusan Kota Kabanjahe, dengan jarak tempuh sekira tiga sampai empat jam dari Kota Medan.
Setelah sampai di Kabanjahe, perjalanan dilanjutkan dengan bus menuju Danau Toba. Perjalanan memakan waktu sekitar 30 menit dengan jarak tempuh sekitar 24 Km.(***)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*