Asyiknya Surfing di Pulau Sibaranun

Surfing

Sibaranun merupakan salah satu desa yang ada di Kecamatan Pulau-pulau Batu, Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara.
Sebagaimana kebanyakan pulau yang berada di pesisir barat pulau Sumatera, masih jarang dikunjungi traveler domestik. Mayoritas para turis mancanegara yang suka menghabiskan liburan di sana.

Pulau Sibaranun tentunya belum begitu akrab di telinga para traveler lokal. Meskipun sebagai surga tersembunyi, namun Pulau Sibaranun, cukup gaung bagi bule Australia. Para turis asal Australia, sangat gemar berselancar di lokasi wisata tersebut.

Pulau Sibaranun memiliki pasir putih dan ombak yang memikat para surfer pemula maupun profesional untuk berkunjung ke pulau indah ini. Gugusan pulau kecil di Kepulauan Batu ini, mengadirkan pesona alam yang asri dan bersih.

Lokasi wisata di Nias Selatan ini, ramai dikunjungi turis mancanegara pada bulan Maret hingga Oktober. Saat itu, kawasan tersebut sedang berada dalam musim pasang tinggi, sehingga memacu adrenalin para wisatawan untuk melakukan surfing.

Di Pulau Sibaranun ini juga ada Lodge Wisata yang umumnya disinggahi oleh turis mancanegara untuk menginap. Berbagai paket wisata yang ditawarkan oleh Lodge ini, dilengkapi fasilitas fasilitas berstandar internasional, sanitasi yang bersih dan segala kebutuhan hidup di sebuah pulau terpencil. Selain itu, sejumlah operator asing masih mendatangkan kapal pesiar ke beberapa pulau di sekitarnya Tello. Mereka tinggal dan makan di atas kapal sembari berselancar dan menikmati keindahan pulau disekitarnya.

Tello Island Lodge sebagai penyedia fasilitas di lokasi ini terlihat sekilas hanya bangunan-bangunan sederhana. Konstruksi luarnya dari kayu dengan ornamen klasik beratap rumbia. Para wisatawan bisa bersantai di penginapan itu usai berselancar.

Sejumlah fasilitas seperti joging track bernuansa alam (dapat dinikmati oleh pengunjung diluar tamu Lodge), DVD, CD player, majalah, buku-buku, jasa laundry, mini bar, dan fasilitas lain yang memanjakan pengunjung. Karena hampir semua tamunya adalah bule dari berbagai negara, maka pihak mengajukan menu-menu makanan barat.

Wisatawan lokal dengan budget terbatas, di Pulau Sibaranun juga ada Homestay yang menjadi usaha masyarakat lokal. Dengan fasilitas tempat tinggal yang nyaman dan kuliner ala lokal yang unik dan nikmat.

Berbagai aktivitas wisata dapat dinikmati di Pulau ini, mulai dari Surfing, Snorkeling, Diving, Memancing, Wisata Pantai dan atraksi budaya lokal.

Berkunjung ke lokasi tersebut, dapat melalui jjalur udara. Misalnya saja melalui maskapai Susi Air dengan jalur: Padang-Pulau Tello | Sibolga-Pulau Tello | Medan-Gunungsitoli-Pulau Tello | Medan-Sibolga-Pulau Tello | Kemudian dari Pulau Tello dilanjutkan dengan angkutan boat menuju Pulau Sibaranun selama 30 menit.

Akses transportasi laut dapat melalui jalur: Sibolga-Teluk Dalam-Pulau Tello dengan dengan Kapal ASDP. Akses kapal laut menuju Pulau Tello hampir setiap hari melalui jalur ini.
Ayo surfing dan berwisata di Pulau Sibaranun.(***)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*