Dongkrak Jumlah Wisatawan, Taput Bangun Kawasan Aerocity

Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Sumatera Utara (Sumut) segera membangun kawasan Aerocity atau Kota Bandara. Hal Ini dalam upaya meningkatkan jumlah wisatawan yang hendak mengunjungi destinasi wisata Danau Toba melalui Bandara Internasional Silangit.

“Segera, sebuah Kota Bandara akan dibangun di Silangit untuk menstimulasi animo kunjungan wisatawan,” ungkap Bupati Taput, Nikson Nababan di Tarutung, belum lama ini.

Konsep Aerocity, lanjutnya, dibangun dengan zonasi wilayah. Meliputi ketersediaan fasilitas perkantoran, perindustrian, dan ruang terbuka hijau. Kota Bandara yang ingin diwujudkan akan mendukung modernisasi sebuah kota di sekitar bandara yang merujuk pada kota sejenis yang ada di sekitar Kota New Delhi, India.

“Penerapan konsep Aerocity Silangit, akan memberikan dampak positif pada peningkatan perekonomian masyarakat di sekitar lokasi. Selain tentu sebagai penopang peningkatan pendapatan asli daerah (PAD)”, ujarnya.

Kawasan Aerocity akan dibangun di areal hamparan Silangit yang menjadi lahan milik Pemkab Taput seluas 158 hektare. Sebnayak 142 hektar diberikan kepada pihak pengelola Bandara Silangit, yakni Angkasa Pura II untuk kebutuhan perluasan pembangunan bandara menjadi bandara Internasional.

“Harapan kita, keberadaan Aerocity akan menciptakan peningkatan animo kunjungan, sehingga maskapai penerbangan akan berlomba-lomba untuk membuka rute terbang domestik maupun mancanegara menuju Silangit,” terangnya.

Manajer Sales Malindo Air Indonesia, Arie Yunior, juga menyampaikan hal senada. “Kita, mulai Oktober kemarin, sudah tidak terbang lagi Subang-Silangit,” katanya.

Dia menjelaskan rute dari Skypark Subang, Malaysia tersebut. Penghentian operasional penerbangan internasional Subang-Silangit disebabkan oleh kondisi tingkat isian penumpang yang dinilai sangat rendah sekali.

Selain mereka, AirAsia juga melayani rute internasional, Kuala Lumpur-Silangit sebanyak empat kali seminggu.

S Manager AirAsia Silangit, Rudianto mengatakan sejauh ini arus penumpang maskapai masih dalam tingkat animo yang belum stabil. Kecuali dalam penerbangan Jumat, dimana tingkat keterisian mencapai 120 seat dari 180 seat yang tersedia.(***)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*