Garuda Buka Rute ke Bandara Binaka Gunung Sitoli

Maskapai penerbangan terbesar di Indonesia, Garuda Indonesia Airways (GIA) telah membuka rute penerbangan langsung dari Bandara Soekarno-Hatta ke Bandara Binaka, Gunung Sitoli, Sumatera Utara. Penambahan rute ini, tentunya berkaitan dengan tingginya angka kunjungan ke Nias.

Saat ini, Garuda mempersiapkan armada CRJ Bombardier 1000 Next-Gen untuk mengangkut 96 penumpang sekali terbang.
“Untuk tahap awal, ada tiga kali penerbangan setiap minggunya. Selasa, Kamis dan Sabtu,” kata Direktur Niaga Garuda Indonesia, Pikri Ilham Kurniansyah, pada acara penandatanganan kerja sama operasional layanan penerbangan Jakarta-Nias, belum lama ini.

GarudaIndonesia juga menargetkan tingkat keterisian kursi penumpang mencapai 70 persen untuk sekali perjalanan. Bila minat terus meningkat, jumlah penerbangan akan ditambah menjadi enam kali seminggu.

Penerbangannya dari Jakarta akan berangkat pukul 07.35 Wib, dan sampai di Nias pukul 09.55 Wib atau selama 2 jam 20 menit,tambahnya Pikri.

“Garuda Indonesia bertanggung jawab mengembangkan potensi-potensi wisata daerah untuk mengembangkan potensi-potensi ekonomi daerah sebagai BUMN,” ujar Pikri.

Ongkos sekali penerbangan Jakarta-Nias adalah Rp 1,4 juta.

“Tentu tarif sudah ditentukan ada Tarif Batas Atas (TBA) dan Tarif Batas Bawah (TBB) oleh Kementerian Perhubungan kita dalam koridor itu. Tentu kita dapat dukungan dari pemerintahan,” terang Pikri.

Hal ini sejalan dengan misi Garuda Indonesia sebagai maskapai nasional yang menjangkau seluruh pelosok Indonesia dengan semangat BUMN hadir untuk Negeri serta perwujudan dari slogan Garuda Indonesia sebagai One Nation, One Family, One Garuda Indonesia.

“Kami harapkan pembukaan rute Jakarta–Nias ini juga dapat turut mendukung upaya pemerintah dalam meningkatkan potensi pariwisata nasional sekaligus menunjang pertumbuhan iklim investasi nasional melalui akses konektivitas yang nyaman bagi kalangan pebisnis dan pelaku sektor industri nasional,” ungkap Pikri.(***)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*