Menjenguk Tao Silalahi, Palung Terdalam Danau Toba

Kabupaten Dairi memiliki banyak objek wisata unggulan. Salah satu diantaranya, Tao (danau) Silalahi. Keindahan alamnya luar biasa, khususnya pasir putih yang terhampar di tepian pantai.

Tao Silalahi terletak di Kecamatan Silahisabungan, berjarak sekira 125 km dari Kota Medan. Hamparan pantai yang indah terbentang di sepanjang 28 km, sehingga bakal membuat kagum para pengunjung.

Tao Silalahi, juga terkenal kaya akan ikan air tawar, seperti mas dan mujair. Kandungan protein yang terkandung pada ikan mas dan mujair Tao Silalahi ini, melebihi ikan sejenis yang berasal dari Thailand serta Vietnam

Hal yang lebih mengagumkan, ternyata palung di Tao Silalahi merupakan palung terdalam di perairan Danau Toba. Kedalamannya mencapai 905 meter.

Di Kecamatan Silalahi ini ada beberapa tempat wisata lain, yakni Tugu Makam Raja Silahisabungan (TUMARAS) dan Pantai Paropo.

Penduduk di Kecamatan Silahisabungan, ini sangat menjunjung tinggi adat kebudayaan. Penduduk yang tinggal di daerah ini pada umumnya bermarga Silalahi. Mereka percaya bahwa Oppung Silahi Sabunganlah yang menjaga kehidupan mereka. Di Silalahi juga banyak tempat peninggalan masalalu dari nenek moyang marga silalahi.

Tugu Silahisabungan menjadi saksi keturunan marga Silalahi yaitu terdiri dari Sihaloho, Situngkir, Sondiraja, Sidebang, Sinabariba, Sinabutar, Pintubatu dan Tambunan. Di tugu ini diukir cerita-cerita dari leluhur marga silalahi.

Menariknya, meskipun bagian dari Danau Toba, ternyata air di Tao Silalahi terlihat bening. Jika air Danau Toba terlihat hijau, ternyata kedalaman palung Tao Silalahi tidak berpengaruh terhadap penampakan warnanya. Tetap bening dan jernih.

Kebeningan air Tao Silalahi, mengundang gairah untuk berenang. Namun, harus tetap berhati-hati mengingat kedalaman palungnya.

Tepi pantai Tao Silalahi, juga kerap dijadikan lahan berkemah, karena luas dan juga asri. Udara yang terasapun sangat segar dan sejuk, sangat pas untuk para wisatawan yang ingin menghabiskan waktu sambil mendekatkan diri pada alam semesta.

Menyempurnakan pandangan terhadap Tao Silalahi, tentunya wisatawan harus berada di puncak Bukit Paropo. Di puncak Bukit Paropo, merupakan salah satu spot terbaik untuk mengabadikan bentangan alam karya Sang Maha Kuasa.

Di puncak bukit, wisatawan yang berminat untuk bermalam, dapat mendirikan kemah sembari menikmati indahnya malam.
Biaya untuk menjenguk Tao Silalahi tidaklah terlalu besar. Pastinya, masih terjangkau bagi kalangan anak muda.(***)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*