Siba Island, Pulau Unik yang Eksotik

Siba Island

Pulau Siba atau Siba Island, merupakan objek wisata yang terletak di Desa Sei Baharu, Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

Sebelumnya, pulau ini merupakan pulau yang tidak berpenghuni dan hanya di tumbuhi oleh tumbuhan laut yaitu bakau.
Namun, oleh seorang dosen Universitas Sumatera Utara (USU) yang bernama Syafrudin Siba, lokasi ini dibenahi. Maka, penampilan pulau yang dihiasi pemandangan vegetasi hutan mangrove (bakau) di sepanjang perairan ini berubah menjadi sebuah pulau yang indah.

Pulau Siba ini memang tidak terlau terkenal seperti Pulau Samosir. Namun, keindahan Pulau Siba ini sangat sayang untuk di lewatkan.

Pulau Siba memiliki luas sekitar 14 ha. Namun, jangan khawatir soal fasilitas di tempat tersebut. Sebagai kawasan kunjungan wisatawan, fasilitas di Pulau Siba termasuk lengkap.

Selain transportasi untuk pulang pergi, hotel, ruang rapat, restoran, masjid hingga berbagai olahraga air yang menarik juga tersedia di Pulau Siba ini. Ada juga fasilitas lain, seperti kolam renang, waterboom, museum maritim, outbond dan tempat perkemahan.

Bagi pengunjung yang suka dengan makanan laut, pulau ini mungkin bisa menjadi tempat memanjakan lidah. Restoran yang ada di pulau ini menyediakan berbagai jenis makanan seafood yang fresh.

Sambil makan di restoran dengan menu seafood yang menggiurkan, pengunjung juga akan di suguhi pemandangan indah sekitar pulau yang hijau dan semilir angin pantai yang sejuk. Pengunjung juga bisa menikmati sunset dan sunrise yang indah jika dari Pulau Siba ini.

Sampai ke lokasi ini, pengunjung bisa berangkat dari dermaga khusus Siba Island Resort, yang terletak di Jl. Serma Hanafiah Belawan, tepatnya di sebelah Restoran Marina.

Pengunjung bisa menaiki speed boat yang telah disediakan oleh pengelola Siba Island dengan tarif Rp. 70.000,- pulang pergi (PP) dengan waktu tempuh sekitar 30 menit.

Sepanjang perjalanan menuju pulau, pengunjung bisa menikmati pemandangan hijau berupa hutan mangrove di pinggiran pantai. Di perjalanan, juga bisa mengabadikan momen di tengah laut yang luas atau sekedar mengabadikan keindahan laut yang indah.

Berbagai fasilitas dan panorama mangrove, menjadikan Siba Island sebagai pulau unik, yang eksotik. Pengunjung yang berminat untuk menginap, juga tersedia resort dengan harga terjangkau.(***)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*