Yuk…! Kunjungi Air Terjun Langka di Pulau Mursala

Pulau Mursala merupakan pulau terbesar di daerah Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara. Pulau ini di Kecamatan Tapian Nauli dan terletak di sebelah Barat Daya Kota Sibolga.

Pulau Mursala berjarak 22,5 km dari Pandan, Tapanuli Tengah. Pulau Mursala mempunyai luas ± 8.000 Ha dan dapat ditempuh melalui Pandan atau Sibolga menggunakan kapal melintasi Teluk Tapanuli.

Ada kekayaan alam yang begitu fenomenal di situ, air terjun. Air terjun tersebut memiliki ketinggian sekitar 35 meter.
Uniknya, air terjun ini berhadapan langsung dengan Samudera Hindia, sehingga aliran airnya langsung masuk ke laut.

Air terjun seperti ini hanya ada beberapa di dunia. Di Indonesia, air terjun seperti itu, satu lagi bernama Air Terjun Kahatola yang berada di Kabupaten Halmahera Barat, Propinsi Maluku Utara.

Aliran Air Terjun Pulau Mursala ini berasal dari aliran sungai terpendek di dunia dengan lebar sekitar 400 m, panjang 700 m dan mengalir melalui batuan granit yang berada di tebing pulau. Gemuruh air yang meluncur langsung ke laut, menciptakan pemandangan yang mempesona.

Selain keunikannya, air terjun ini juga mempunyai legenda tersendiri. Dikisahkan, air terjun ini merupakan tempat bermain seorang permaisuri cantik yang bernama Putri Runduk.
Putri Runduk pada masanya terkenal dengan parasnya yang cantik dan tersohor sampai ke luar kerajaan. Selain sebagai tempatnya bermain, aliran air yang berada di atas air terjun ini juga dikisahkan sebagai kolam pemandian sang putri tersebut.

Di kawasan tersebut, beberapa obyek wisata yang tak kalah menarik adalah, Pulau Jambe. Pulau Jambe merupakan perairan dangkal yang terdiri dari terumbu karang dan aneka jenis ikan
Sealin itu, Teluk Labuan Hunik merupakan spot yang cocok untuk diving dan snorkeling.

Belum lagi Pulau Silabu Na Menek, dimana terdapat batu yang menjorok berbentuk burung yang berada di ketinggian sekitar 70 mdpl.

Di pantai curam yang biasa disebut dengan Batu Garuda ini, erdapat pula Bonsai Pinang Merah alam di atas bebatuan curam. Masih banyak lagi lokasi wisata, dengan hamparan pasir putihnya.
Mencapai Lokasi wisata di kawasan tersebut ada beberapa pilihan. Boleh langsung menuju Kota Sibolga menggunakan pesawat udara oleh maskapai Garuda Indonesia, yang terbang langsung dari Bandara Soekarno-Hatta Jakarta menjuju Bandara Ferdinand Lumban Tobing.

Bisa juga terlebih dahulu melalui Kota Medan. Kemudian dari Kota Medan dapat melanjutkan penerbangan ke Sibolga dengan waktu tempuh sekitar 1 jam.

Lebih ekonomis lagi, dapat melanjutkan perjalanan dari Kota Medan ke Sibolga menggunakan transportasi darat dengan waktu tempuh sekitar 8 jam. Dari Kota Sibolga akan dilanjutkan dengan menyewa boat ke Pulau Mursala.
Apalagi…Yuk buruan..! (***)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*